HOME


Senin, 27 Mei 2013

Masalah Pada Screw Air Kompressor @ Indonesia









Penyebab Terjadinya Over Heating

1. Sirkulasi udara dalam ruang kompresor tidak baik, sehingga (ambient) suhu dalam ruang tinggi. Ruang  kompresor harus di desain sedemikian rupa sehingga udara panas dari fan coller memiliki jalur khusus untuk keluar (kami sarankan memakai ducting) dan udara luar bisa leluasa masuk lewat fentilasi  yang ada & sudah di pasang filter (Penyaring), sehingga meminimalkan debu atau kotoran dari luar ruang untuk masuk kedalam. Partikel debu ini dapat terhisap oleh coller fan dan menyumbat sirip – sirip cooler unit. Kondisi ini menyebabkan pendinginan oil & udara keluar tidak optimal (Mampat).

2. Oil sudah melewati Jam Kerja Normal.
Kondisi ini yang biasa terjadi, oil yang seharusnya diganti tapi tidak dilakukan. Oil yang melebihi Life time nya akan menyebabkan penurunan kualitas oil yang diikuti penurunan fungsi oil itu sendiri sebagai media pendingin dan pelumas. Ada 2 jenis oil yang ada di pasaran, yaitu Jenis Syntetic dan Jenis Mineral.
Jenis Syntetic : Harga Relatif lebih mahal, Life timenya ± 5000 – 6000 hours. Lebih tahan bekerja dalam suhu ekstrem dengan volume yang lebih rendah dibanding oil mineral.
Jenis Mineral : Harga  lebih murah, Life timenya ± 2000 hours. Tidak  diperuntukkan bekerja pada suhu ekstrem ( > 100 0C ) secara terus menerus, karena akan menyebabkan kerusakan pada komponen. Dari pengalaman dilapangan, membuktikan oil jenis ini  dapat menembus separator foam, dan ikut terbawa sirkulasi udara. Sehingga harus rutin dilakukan pengecekan level oil dan segera lakukan penambahan oil jika diperlukan. Dalam pemakaian jangka panjang, oil ini akan lebih tinggi biayanya dibanding pemakaian oil syntetic.


3. Separator Oil tersumbat. Ini akan menyebabkan terhambatnya aliran udara keluar, sehingga tekanan dan temperature dalam separtor tank naik. Penggantian rutin antara 4000 – 6000 hours.




4. Pembuangan panas pada Coller Unit terhambat. Ada 2 Jenis coller yang biasa dipakai, yaitu menggunakan cooler fan ( air coller ), dan menggunakan pendingin air ( water cooler ). 
Pada jenis air coller, hambatan transfer panas ini biasanya disebabkan kotoran atau debu yang melekat pada sirip radiator. Cleaning rutin disarankan dilakukan pada 10.000 – 15.000 hours.
Pada jenis Liquid coller, hambatan pendinginan biasanya disebabkan oleh adanya lapisan kerak. Sistem ini biasa digunakan dalam Generator Set ( Genset ). Liquid yang digunakan merupakan cairan khusus yaitu radiator coolant, jika tidak ada disarankan menggunakan air mineral yang bebas dari kandungan kapur/calsium. Cleaning rutin disarankan dilakukan pada 10.000 hours.


5. Filter oil tersumbat kotoran. Idealnya, setiap penggantian oil  juga diikuti oleh penggantian Filter (biasanya setiap 2000jam or max 3000jam). Cleaning Filter oil tidak disarankan, karena spare parts ini tidak didesain untuk di cleaning atau di re-kondisi.




6. Mekanisme Distribusi dalam Oil Filter Housing Unit tidak berfungsi.
Jika dibongkar, blok ini terdiri dari beberapa katup yang gerakannya menggunakan mekanisme pegas. Jika mekanisme ini tidak berfungsi, distribusi oil menuju radiator akan terhambat. Efeknya oil tidak melewati proses pendinginan dan langsung masuk ke ruang screw. Untuk mengetahui masalah ini cukup mudah. Mesin dalam kondisi off, Buka selang Fleksible in dan out radiator, jika oil yang keluar dari radiator sangat sedikit, bisa dipastikan mekanisme dalam unit ini bermasalah. Atau anda juga melakukan pengecekan dalam kondisi mesin running. Gunakan Thermo couple. Bandingkan temperature  di body luar ruang screw, pipa antara separator tank dan Filter oil, dan pipa oil masuk ke radiator. Jika pipa masuk radiator temperaturnya jauh lebih rendah, berarti  distribusi oil menuju radiator terhambat. Bisa dipastikan Oil Filter Housing Unit bermasalah. ( tapi terlebih dahulu pastikan Filter Oil telah diganti )


Technical Contact : 0812 81999 746 / WA

Email : denny.ar86@gmail.com

3 komentar:

  1. kami ingin konsultasi hubungi kemana ya,...?

    BalasHapus
  2. Kami membutuhkan price list spare part componen compressor atlas copco dan dimana kami bisa memesannya...trima kasih
    (tommychriss.plg@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Salam Pak Tommy, untuk Part Atlas Copco yang Tipe GA brp ya pak,..?
    agar kami dapat lebih detil spesifikasinya..

    Terimakasih,
    salam

    BalasHapus