1. Sirkulasi udara dalam ruang kompresor tidak baik, sehingga (ambient) suhu dalam ruang tinggi. Ruang
kompresor harus di desain sedemikian rupa sehingga udara panas dari fan coller
memiliki jalur khusus untuk keluar (kami sarankan memakai ducting) dan udara luar bisa leluasa masuk lewat fentilasi yang ada & sudah di pasang filter (Penyaring), sehingga meminimalkan debu atau
kotoran dari luar ruang untuk masuk kedalam. Partikel debu ini dapat terhisap
oleh coller fan dan menyumbat sirip – sirip cooler unit. Kondisi ini menyebabkan
pendinginan oil & udara keluar tidak optimal (Mampat).
2. Oil sudah melewati Jam
Kerja Normal.
Kondisi ini yang biasa terjadi, oil yang seharusnya diganti tapi
tidak dilakukan. Oil yang melebihi Life time nya akan menyebabkan penurunan
kualitas oil yang diikuti penurunan fungsi oil itu sendiri sebagai media
pendingin dan pelumas. Ada 2 jenis oil yang ada di pasaran, yaitu Jenis
Syntetic dan Jenis Mineral.
Jenis Syntetic : Harga Relatif lebih mahal, Life timenya ± 5000
– 6000 hours. Lebih tahan bekerja dalam suhu ekstrem dengan volume yang lebih
rendah dibanding oil mineral.
Jenis Mineral : Harga lebih murah, Life timenya ± 2000
hours. Tidak diperuntukkan bekerja pada suhu ekstrem ( > 100 0C
) secara terus menerus, karena akan menyebabkan kerusakan pada komponen. Dari
pengalaman dilapangan, membuktikan oil jenis ini dapat menembus separator
foam, dan ikut terbawa sirkulasi udara. Sehingga harus rutin dilakukan
pengecekan level oil dan segera lakukan penambahan oil jika diperlukan. Dalam
pemakaian jangka panjang, oil ini akan lebih tinggi biayanya dibanding
pemakaian oil syntetic.
3. Separator Oil tersumbat. Ini akan menyebabkan terhambatnya aliran udara keluar,
sehingga tekanan dan temperature dalam separtor tank naik. Penggantian rutin
antara 4000 – 6000 hours.
4. Pembuangan panas pada
Coller Unit terhambat. Ada 2 Jenis coller yang
biasa dipakai, yaitu menggunakan cooler fan ( air coller ), dan menggunakan
pendingin air ( water cooler ).
Pada jenis air coller, hambatan
transfer panas ini biasanya disebabkan kotoran atau debu yang melekat pada
sirip radiator. Cleaning rutin disarankan dilakukan pada 10.000 – 15.000 hours.
Pada jenis Liquid coller, hambatan
pendinginan biasanya disebabkan oleh adanya lapisan kerak. Sistem ini biasa
digunakan dalam Generator Set ( Genset ). Liquid yang digunakan merupakan
cairan khusus yaitu radiator coolant, jika tidak ada disarankan menggunakan air
mineral yang bebas dari kandungan kapur/calsium. Cleaning rutin disarankan
dilakukan pada 10.000 hours.
5. Filter oil tersumbat
kotoran. Idealnya, setiap penggantian oil
juga diikuti oleh penggantian Filter (biasanya setiap 2000jam or max 3000jam). Cleaning Filter oil tidak disarankan,
karena spare parts ini tidak didesain untuk di cleaning atau di re-kondisi.
6. Mekanisme Distribusi dalam Oil Filter Housing Unit tidak
berfungsi.
Jika dibongkar, blok ini terdiri dari beberapa
katup yang gerakannya menggunakan mekanisme pegas. Jika mekanisme ini tidak
berfungsi, distribusi oil menuju radiator akan terhambat. Efeknya oil tidak
melewati proses pendinginan dan langsung masuk ke ruang screw. Untuk mengetahui
masalah ini cukup mudah. Mesin dalam kondisi off, Buka selang Fleksible in dan
out radiator, jika oil yang keluar dari radiator sangat sedikit, bisa
dipastikan mekanisme dalam unit ini bermasalah. Atau anda juga melakukan
pengecekan dalam kondisi mesin running. Gunakan Thermo couple. Bandingkan
temperature di body luar ruang screw, pipa antara separator tank dan
Filter oil, dan pipa oil masuk ke radiator. Jika pipa masuk radiator
temperaturnya jauh lebih rendah, berarti distribusi oil menuju radiator
terhambat. Bisa dipastikan Oil Filter Housing Unit bermasalah.
( tapi terlebih dahulu pastikan Filter Oil telah diganti )Technical Contact : 0812 81999 746 / WA
Email : denny.ar86@gmail.com
kami ingin konsultasi hubungi kemana ya,...?
BalasHapusKami membutuhkan price list spare part componen compressor atlas copco dan dimana kami bisa memesannya...trima kasih
BalasHapus(tommychriss.plg@gmail.com)
Salam Pak Tommy, untuk Part Atlas Copco yang Tipe GA brp ya pak,..?
BalasHapusagar kami dapat lebih detil spesifikasinya..
Terimakasih,
salam